Senin, 10 November 2008

BaHAsa EmAnG peNTing....


Bahasa emang kendala nomor satu disini terutama buat ane, kita jadi ga bisa berkomunikasi dengan baik...especially ane kan nurse, so komunikasi teurapeutik mesti dipake doonk...lha kalo ga bisa ngomong bahasa sini...jadinya bingung ngunggg.........
Pernah skali waktu ane nanya pasien pake bahasa Arab...tadinya si pengen mraktekin ilmu dari hasil baca2 buku dikit,.... ni kejadian dah lama si, pas baru2 nya masuk kerja...


ane : wein alam mama? ( sakit disebelah mana buu?)
px : hadza...(sambil nunjukin perut) trus .....#*#"{@#$^!%&+.....( nyerocosss.....
ga ngerti ngomong apaan..?
ane : ooooooo.....
ane lagi : hal inti fi irtifah bidhagat dzam?( punya riwayat darah tinggi ga?)
px : naam.....####)..**)''''*:;^###..... ( nyerocos lagi, ane ga ngerti
juga...huhuuuu....)
ane : ooooooo.......( senyum2 dikit sambil ngangguk2 kepala...biar kaya orang ngerti gitu..hahaha....)

abis ntu.... ane ga ngomong2 lagi ma ni pasien....hwakakak.....
(makanya wan...banyak belajar duluuuu.....hohoho....).

Sebenarnya komunikasi bisa aja sih nyambung tapi pake bahasa tarsan.....hehehe....kaya temen ane mo ke materniy hospital, trus tu sopir taxi nanya pake bahasa arab...bingung kaan, akhirnya ni temen kreatif juga, dia ngomong sambil tangannya bergerak kesana kemari praktekin orang hamil.....n at last ni sopir ngeh juga....horeee.....horeee....

Trus di ambulan kalo ada kasus kita di kasih tau lewat radio kontrol, yang suaranya agak2 ngerebek ga jelas gitu, walhasil pe sekarang ane belum bisa ngerti tu radio bunyinya apaan,.. maklum vocab arabic nya kan masih dikit, hehee....sering gara2 ini kita salah paham...dikira kasus padahal cuma ngecek ato kasi info doang....tired deeehh..

Makanya buat temen2 yang mau kerja di Timur Tengah mendingan belajar bahasa arab dulu deh....biar bisa berkomunikasi dengan baik...meskipun temen2 perawat banyak juga dari India ato Philipino, so..bahasa Inggris yang mereka pake, tapi tetep pasiennya kebanyakan orang arab....
ya iyalah ni kan negara arab..hehehe....

1 komentar:

  1. hahahahha.... trs nasib si ibu itu gmn wan? baek2 aja kan stlh kmu periksa? qeqeeqeqeqe.....
    (yenny)

    BalasHapus